Friday, February 24, 2012

Manfaat Air Cucian Beras

Bagi para wanita, memasak merupakan hal yang sudah biasa, bukan? Terutama memasak nasi, pasti merupakan hal yang sangat wajib dilakukan. Tapi, apakah anda tau saat kita mencuci Beras dan langsung membuang air cuciannya tanpa pikir panjang, dengan begitu anda juga telah membuang kesempatan anda untuk menjadi lebih baik lagi.

Sebagian orang memang meremehkan air cucian beras tersebut, namun, tanpa kita sadari, air cucian beras tersebut sangat bermanfaat terhadap kehidupan kita sehari-hari. Air cucian beras memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah, yang dapat berfungsi sebagai pengendali organisme pengganggu tanaman yang ramah lingkungan serta banyak dijumpai di lingkungan sekitar.  kandungan nutrisi yang ada pada air cucian beras di antaranya adalah karbohidrat berupa pati (85-90 persen), protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula dan vitamin yang tinggi.

Selain itu, Formulasi air cucian beras merupakan media alternatif pembawa P. fluorescens yang berperan dalam pengendalian patogen penyebab penyakit karat dan pemicu pertumbuhan tanaman (Yayu, 2011). Bakteri Pseudomonas fluorescens adalah Bakteri P. fluorescens yang mampu mengklon dan beradaptasi dengan baik pada akar tanaman serta mampu untuk mensintesis metabolit yang mampu menghambat pertumbuhan dan aktivitas patogen atau memicu ketahanan sistemik dari tanaman terhadap penyakit tanaman.

 Berdasarkan narasumber, air cucian beras bermanfaat untuk mengencangkan dan membersihkan wajah dari jerawat. Yang tentunya untuk para remaja yang sedang mengalami masa puber. Mereka pasti tidak senang dengan keberadaan jerawat tersebut.

Apa kalian ingin tau bagaimana caranya untuk mengencangkan dan membersuhkan wajah dengan air cucian beras?

Penasaran, kan? Ini dia...
 
1. Endapkan semalam air cucian beras yang pertama kali.
2. Setelah itu, endapannya bisa anda gunakan untuk masker wajah sebelum tidur.
3. Oleskan pada wajah dengan kuas, diamkan ± 30 menit.
4. Bilas hingga bersih dengan handuk kecil dan air hangat.
5. Wajah anda pun akan terasa bersih dan kencang.

Air cucian beras juga bermanfaat terhadap tanaman. Air cucian ini dapat menyuburkan tanaman jenis apapun.

Caranya...

1. Setelah mencuci beras, tampung air cucian beras
2. diamkan 1-2 menit
3. siram air cucian tersebut ke tanah pekarangan ataupun pot tanaman

Saran saya, air cucian beras hanya disiramkan ke tanah, jangan terkena daun. Apabila terkena daun sering mengakibatkan permukaan daun terbentuk bercak-bercak putih yang dapat mengurangi kecantikan tanaman.

Jadi, jelas sekali air cucian beras sangat bermanfaat bagi makhluk hidup. Oleh karena itu, jangan meremehkan sesuatu hal, siapa tau hal tersebut bermanfaat bagi kita, right?;) Selamat mencoba!!:-)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment